Pedoman

Keberadaan media cyber di Indonesia yang belakangan ramai menghiasi percaturan (khasanah) media online. Media cyber adalah bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Dengan begitu media cyber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers.

Keberimbangan Berita

Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan. Hal inipula yang dilakukan jariberita.com dalam memberikan dan menyajikan informasi pemberitaan untuk publik.

Jariberita.com tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;. Disisi lain tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

Jariberita.com menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan yang melanggar kode etik jurnalsitik. Mekanisme tersebut disediakan di tempat yang dengan mudah oleh redaksi jariberita.com.