Soal Suap Kemen PUPR, KPK Periksa Staf Fraksi PKB DPR RI

October 26, 2016
106 Views

JariBerita.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami perkara dugaan korupsi dana aspirasi Komisi V DPR RI yang direa‎alisasikan sebagai proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam rangka itu, penyidik memeriksa Mutakin, staf ahli anggota Komisi V DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Musa Zainudin.

Seperti dikatkan Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak Mutaqin diperiksa untuk tersangka anggota Komisi V DPR Andi Taufan Tiro. “Mutakin akan diperiksa untuk ATT,” kata Yuyuk di kantornya, jakarta, Rabu (26/10/2016).

KPK sebelumnya sudah pernah memanggil Mutakin beberapa waktu lalu. Namun, Mutakin mangkir. Nama Mutakin disebut-sebut mengetahui kasus ini dan peran bosnya, Musa Zainudin.

Seperti diketahui, dalam persidangan suap anggaran Kementerian PUPR untuk terdakwa Direktur Utama PT Windu Tunggal Utama Abdul Khoir, terungkap bahwa Jailani Paranddy, staf ahli anggota Komisi V DPR Yasti Soeprodjo Mokoagow  mempertegas keterlibatan Musa Zainudin dalam kasus suap anggaran Kementerian PUPR.

Musa Zainududdin disebut pernah menerima Rp 7 miliar dari pengusaha sebagai fee pengusulan pembangunan jalan di Maluku.  Jailani mengatakan, pernah mengantar duit dari Abdul Khoir untuk Musa lewat stafnya, Mutakin.

Jailani menjelaskan, uang Rp 7 miliar diserahkan kepada Mutakin di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar 26-27 Desember 2015. Namun Jailani mengatakan, saat menjalani pemeriksaan di KPK, ia tidak tahu jika yang ditemuinya saat itu adalah Mutakin. “Tapi setelah ditunjukan foto (oleh) penyidik, saya yakin itulah orang yang saya temui. (Saya) baru tahu namanya Mutakin,” kata Jailani bersaksi untuk Khoir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu, 4 Mei 2016 lalu.

Selain Andi Taufan, pada kasus ini penyidik juga sudah menjerat Anggota Komisi V dari Fraksi PDIP Damayanti Wisnu Putranti dan Fraksi Golkar Budi Supriyanto. Namun, KPK memastikan kasus ini terus berkembang.

 

You may be interested

Aneka
shares11 views

Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir – Batin

admin - Jun 18, 2018

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang…

Aneka
shares11 views

Memahami Pesan Rahmah KH Yahya Cholil Staquf

admin - Jun 18, 2018

Sisi lain. Dari sudut pandang yg berbeda. Begitulah peranan Pak Kiai Yahya Cholil Staquf. Datang sbg pribadi, tapi mendadak sorot…

Ketika Rasul Tidak Jadi Membocorkan Waktu Pasti Lailatul Qadar
Aneka
shares13 views
Aneka
shares13 views

Ketika Rasul Tidak Jadi Membocorkan Waktu Pasti Lailatul Qadar

admin - Jun 18, 2018

Ternyata Rasulullah SAW pernah hendak memberitahu para sahabat beliau akan kepastian waktu datangnya lailatul qadar pada malam yang keberapa, namun…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: