Bagaimana Aturan Mantan Terpidana Maju Pilkada?

August 30, 2016
35 Views

JariBerita.com – Komisi II DPR hingga saat ini masih mengkaji ketentuan untuk terpidana yang sedang menjalani hukuman percobaan diberi kesempatan maju pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy, hal ini masih dibahas alot oleh pihaknya dan lembaga terkait seperti KPU, Bawaslu, dan pemerintah.

“Perdebatan di komisi II DPR antara fraksi, anggota Komisi II, KPU RI, Bawaslu RI dan pemerintah khususnya tentang ketentuan apakah terpidana yang sedang menjalani hukuman percobaan boleh mendaftar sebagai calon kepala daerah belum selesai,” ujar Lukman Edy, Selasa (30/8/2016).

Ia menjelaskan, pembahasan tentang ketentuan ini masuk di dalam rapat konsultasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, Komisi II DPR  dan pemerintah tentang Rancangan PKPU No 5 tentang Pencalonan Kepala Daerah, perubahan terhadap PKPU No 9/2016.

“Perdebatan dimulai semenjak KPU menyampaikan sikap resminya yang tidak sesuai dengan kesimpulan sementara tanggal 25 Agustus,” katanya.

Pemerintah dan Bawaslu belum menentukan sikap sehingga DPR memutuskan akan ada pembahasan lanjutan pada Jumat 2 September mendatang.

“Jika ada pihak yang berbeda pendapat maka belum bisa dikatakan sebagai kesimpulan rapat,” katanya.

Politikus PKB ini pun berjanji Komisi II akan mendengarkan aspirasi publik. Sampai saat ini,jelas dia, kesepakatan yang sudah diambil baru tentang Rancangan PKPU No 4 tentang tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah.

Sedangkan tentang pencalonan baru pada tahap penyisiran pasal demi pasal, termasuk pasal tentang boleh atau tidaknya terpidana yang sedang mengalami hukuman percobaan mendaftar sebagai calon kepala daerah

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju¬†Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: