Heboh Virus Zika, Indonesia Belum Lakukan Travel Warning Ke Singapura

August 30, 2016
87 Views

JariBerita.com– Saat ini Negera Singapura tengah heboh terjangkit virus Zika. Beberapa media di Singapura menyebutkan virus Zikasudah menyerang 41 orang. Dan bahkan pemerintah Singapura juga menyebutkan ada beberapa orang yang belum teridentifikasi atas penyakit tersebut.

Namun disisi lain pihak Kementerian Kesehatan dan Lingkungan Hidup Singapura mengatakan ada beberapa warga yang terjangkit virus Zika mulai membaik dan diperbolehkan pulang. Disebutkan pula oleh pemerintah Singapura bahwa ada seorang perempuan 47 tahun asal Malaysia terjangkit virus Zika. Danwabah virus tersebut berasal dari nyamuk negara Brasil.

Merebahnya terjangkit virus Zika pemerintah Singapura telah melakukan berrbagai upaya, yakni dengan tes darah terhadap124 orang pekerja konstruksi asing. Menurutnya para 78 pekerja itu di duga terjangkit virus Zika, sedangkan lima orang masih nunggu penelitian.

Pemerintah Singapura juga mewaspadai negara tetangga bahaya terhadap kasus virus Zika kian menyebar, termasuk  Indonesia. Terlebih virus itu juga pada tahun 2013 melanda negara Kamboja, Laos, Malaysia, Maladewa, dan Filipina.

Menangapi himbaun dari pemerintah Singapura, yang membuat pemerintah Indonesia terus berhati-hati dan mengikuti perkembang bahaya wabah virus itu. “Pemerintah Indonesia sedang mempelajari kasus wabah virus tersebut,” Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi Jakarta, Senin (29/8/2016) saat dimintai komentarnya mengenai virus Zika.

Kendati saat ini tengah ramai di Sinngapura mengenai wabah virus tersebut, namun pemerintah Indonesia hingga saat ini belum membuat mengambil kebijakan untuk travel warning bagi warganya berpergergian ke Singapura. “Saya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Duta Besar Indonesia untuk Singapura sejauh mana bahaya virus tersebut,” kata Retno kembali.

“Selain itu saya juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan dan Menkumham untuk  kelanjutannya kedepan. Dan kami ingin mendapatkan informasi yang jelas mengenai wabah tersebut di Singapura,” tegas

‎Lanjut Retno bahwa pemerintah Indonesia tidak ingin lengah terhadap wabah virus Zika, yakni mencegah agar virus tersebut tidak masuk ke Indonesia. “Kita terus melakukan upaya, dan kita tidak mau lengah juga agar  virus tidak menyebar ke Indonesia. Kita terus meningkatkan alertness dan mencoba untuk mencegah kalau memang berita tersebut sudah confirmed benar, bagaimana kita mencegah munculnya kasus serupa di Indonesia,” tutupnya.

Seperti kita ketahui dalam penelusuran JariBerita.com berbagai sumber Virus Zika tersebar melalui perantara nyamuk Aedes Aegypti.Dan gejala penyakit hampir mirip dengan gejala demam berdarah pada umumnya. Dan seseorang yang terjangkit virus zika akan mengalami konjungtivitis atau peradangan selaput mata bagian depan, yang menyebabkan mata kemerahan.

You may be interested

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?
Aneka
shares6 views
Aneka
shares6 views

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?

admin - Jun 22, 2018

Keharaman riba telah disepakati oleh para ulama. Namun apakah bunga bank itu termasuk riba? Para ulama berbeda pandangan. MUI mengatakan:…

Aneka
shares13 views

Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir – Batin

admin - Jun 18, 2018

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang…

Aneka
shares13 views

Memahami Pesan Rahmah KH Yahya Cholil Staquf

admin - Jun 18, 2018

Sisi lain. Dari sudut pandang yg berbeda. Begitulah peranan Pak Kiai Yahya Cholil Staquf. Datang sbg pribadi, tapi mendadak sorot…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: