Terkait Korupsi Kementrian PUPR Anak Buah Megawati, Damayanti Dituntut 6 Tahun Penjara

August 30, 2016
14 Views

JariBerita.com – Jaksa Penuntut Umum pada Komis Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta majelis hakim untuk menghukum terdakwa kasus dugaan suap pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR, Damayanti Wisnu Putranti penjara selama 6 tahun.

Selain itu, dalam tuntutannya Jaksa juga menuntut Anggota DPR Komisi V tersebut membayat denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 6 tahun dan denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan,” ujar Jaksa Ronald dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (29/8/2016).

Dalam paparannya, jaksa menyebut bahwa Damayanti telah menerima suap berupa fee dari pengusaha Abdul Khoir terkait program aspirasi miliknya dan milik Budi Supriyanto di provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Ia dianggap menerima fee 8 persen dari pengusaha Abdul Khoir yakni sebesar SGD 328 ribu dan Rp 1 miliar terkait program aspirasi yang diusulkannya. Sedangkan terkait program aspirasi Budi Supriyanto, Damayanti juga ‘kecipratan’ SGD 404 ribu.

“Fee tersebut agar menggerakan terdakwa mengusulkan kegiatan konstruksi jalan Tehoru-Laimu sekaligus menggerakkan Anggota Komisi V DPR RI Budi Supriyanto untuk mengusulkan rekonstruksi Jalan Werinama-Laimu di Maluku,” kata jaksa.

Dalam tuntutan dijelaskan, Damayanti pernah bertemu dengan Kepala BPJN IX Maluku dan Maluku Utara Kementerian PUPR Amran Hi Mustary di sela rapat Komisi V dengan Kementerian PUPR.

Lewat pertemuan tersebut, Amran mengajak Damayanti agar anggota Komisi V menempatkan program aspirasi di Maluku dan Maluku Utara.

Atas perbuatannya, Damayanti diyakini melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 ayat (1) ke-1 KUHP

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menujuĀ Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: