WN Filipina Salah Satu Otak Penipuan 177 Calon Jamaah Haji dari Indonesia

August 29, 2016
33 Views

JariBerita.com – Bareskrim Polri hingga kini masih mengusut kasus dugaan penipuan terhadap 177 WNI yang diberangkatkan haji lewat Filipina. Dugaan sementara, salah satu pihak yang terlibat dalam pemberangkatan para calon haji ini adalah seorang warga negara Filipina.

Menurut Kepala Biro Penmas Mabes Polri, Brigjen Agus Rianto, seorang WN Filipina tersebut juga merupakan seorang pengusaha travel di negaranya.

“Bahwa salah satu pengelola travel yang ada di Filipina, yang dikelola bapak R, itu memang ada keterkaitan dengan beberapa pihak pengusaha travel yang sekarang ini sedang kita tangani,” ujar Brigjen Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Meski demikian, ia belum dapat memastikan apakah kedelapan biro perjalanan di Indonesia yang diduga ikut terlibat dalam perkara ini juga merupakan milik R.

“WNI berangkat ke sana (Filipina), di Koordinir oleh R di Filipina dibantu anaknya A. Pengusaha Travel namanya PT W. Ini warga negara sana Filipina. Ini bicara di sana ya,” ucapnya.

“Apakah dia (R) di sana (Filipina) sudah menjadi tersangka atau belum nanti coba saya cek. Ini (wewenang) polisi Filipina,” tambahnya.

Pada perkara ini, Otoritas Filipina telah menetapkan lima tersangka terkait pelanggaran hukum di negara tersebut. Sebab, memang paspor Filipina yang disalahgunakan dalam pemberangkatan para WNI ke Arab Saudi.

“Karena memang keberangkatan saudara-saudara kita (dari Indonesia) ke Filipina itu paspornya semua asli. Hanya memang keberangkatan mereka dari Filipina ke arah saudi paling tidak mungkin data pendukungnya dipalsukan,” pungkas Agus

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: