SBY Ingatkan Pentingnya Membangun Ekonomi Berbasis Maritim

August 27, 2016
46 Views

JariBerita.com– Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menyoroti kemajuan bangsa Indonesia. Menurut Ketua Umum Partai Demokrat itu hal yang utama dalam membangun bangsa salah satunya kemajuan ekonomi berbasis benua maritim dan nilai agama serta budaya. Hal tersebut disampaikan ketika pidato dihadapan para wisuda ke-15 Universitas Al-Azhar Indonesia di Jakarta, Sabtu (27/8).

Dalam orasinya SBY mengangkat mengenai kemajuan bangsa dengan tema ‘Membangun Ekonomi Indonesia Berbasis Benua Maritim dan Nilai-Nilai Agama serta Budaya’. Kata SBY upaya tersebut sangat penting bukan hanya sebagai retorika. “Ini penting, bukan sekedar retorika, melainkan harus diterjemahkan dengan kebijakan dan tindakan di seluruh Indonesia. Akan rugi bilamana hanya menguras sumber daya daratan, tentunya harus dapat digunakan dengan baik. Dengan begitu kedepan makin bagus ekonomi, dan tidak merusak lingkungan,” kata SBY.

Menurut dia bahwa negara lain sudah mulai melakukan cara tersebut. Sehingga harapannya Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain. Disamping itu ada dua hal yang perlu diperhatikan bangsa Indonesia. Sehingga harapannya lulusan Universitas Al-Azhar Indonesia dapat menerapkan Islam dengan baik di dunia Internasional.

“Tidak boleh terlalu kapitalistik dan tidak boleh berorientasi pada pasar. Konsep dan model ekonomi yang tepat, serta menjalankan apa yang dimiliki, tentunya tetap menjaga keadilan dan kelestarian lingkungan,” paparnya.

Dalam kesempatan itu juga SBY menyinggung mengenai peristiwa yang terjadi di negara lain, terutama dunia islam. Menurutnya dunia islam di dunia tengah mendapat ujian., seperti di Timur Tengah, Afrika Utara. Karena itu, kembali ditegaskan SBY bahwa lulusan Al Azhar harus menjadi teladan dan contoh untuk masa depan.

 

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: