Kapolri: Video Freddy Budiman Hanya Berisi Penyesalan

August 26, 2016
7 Views
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sudah menerima video testimoni Freddy Budiman yang direkam sebelum yang bersangkutan dihukum mati beberapa waktu lalu. 
 
Namun, video yang diperoleh ari Kemenkum HAM tersebut menurutnya hanya berisi curhatan yang masih sumir atau belum jelas.

“Saya tidak akan menjelaskan secara detil, yang jelas itu berisi wawancara keterangan Freddy saat ditanya oleh seseorang dan dia menjelaskan tentang aktivitas dia, merasa bersalah dan lain-lain,” ujar Tito di Mabes Polri, Jumat (26/8/2016).

Lebih detil Tito menjelaskan, video dengan durasi tidak tersebut lebih kepada curahan hati Freddy Budiman terkait pertaubatannya serta rasa penyesalannya.

“Intinya kira-kira dia menyampaikan curhatan dia lah tentang bahasa termasuk dia bertobat,” terangnya.
 
“Tapi dia juga mengatakan ada hal-hal yang berlebihan dituduhkan kepada dia. Misalnya itu sebetulnya ada orang lain yang juga terlibat pelaku lain tapi kok yang kena saya saja, pelaku lain tidak,” sambung Tito.

Ketika ditanya kebenaran adanya nama-nama orang penting di dalam video tersebut, seperti pengakuan Haris Azhar soal dugaan keterlibatan oknum penegak hukum dalam bisnis narkoba.

“Dia (Haris Azhar) menyebutkan secara umum ada anggota yang tahu tentang kegiatan dia. Tahu itu kan sumir sekali, tahu apa. Tahu soal kegiatan, jaringan, atau bagaimana, kalau yang tahu kan banyak maksudnya,” jelasnya.

Ia menjelaskan, isi video itu juga belum dapat dikonsumsi publik.

“Kalau disampaikan ke publik nanti bisa jadi trial by press, publik menganggap itu benar padahalketerangannya menurut saya keterangan nya sangat umum sekali bukan menyebutkan tempat apalagi menyebutkan uang, tidak ada,” pungkas Tito.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: