Transaksi Keuangan Gubernur Nur Alam Sudah Mencurigakan Sejak 2013

August 24, 2016
23 Views

JariBerita.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap perizinan tambang pada 23 Agustus 2016.

Meski baru ditetapkan sebagai tersangka, ternyata kasus dugaan suap ini sudah tercium aparat sejak tahun lalu. Bahkan, rekening mencurigakan milik Nur Alam telah diketahui oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sejak tahun 2013.

“Awalnya tahun 2013 memang kita mengirimkan kepada kejaksaan tentang adanya transaksi mencurigakan atas nama sejumlah kepala daerah, bupati/wali kota. Oleh kejaksaan didalami, kejaksaan minta bahan ke kita,” ujar Kepala PPATK M Yusuf di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

“Konon katanya kejaksaan sudah sampai keluar negeri. Hingga akhirnya tahun 2015 kasusnya dihentikan,” lanjutnya.

Yusuf menyebut, transaksi mencurigakan di rekening Nur Alam sangat fantastis dan itu dilakukan secaramasif selama beberapa tahun.

“Kami memandang ini sebagai kasusnya penyelenggara negara, Nur Alam, dan dia juga berafiliasi dengan parpol yaitu PAN, itu kan relatif lebih mudah kalau KPK yang menangani,” jelas Yusuf.

Pada perkara ini, Nur Alam oleh KKPK disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju┬áSyamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: