Warning Bagi Anggota Polisi Bergaya Lalu Disebarkan Ke Media Sosial

August 23, 2016
124 Views

JariBerita.com– Maraknya anggota polisi yang sering mengupload hasil jepretan dan video-nya baik saat melakukan tugas dan juga kegiatan hingga muncul dimedia sosial menjadi perhatian serius Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Agar hal tersebut tidak terulang kembali Kapolri langsung membuat surat edaran bagi anggota Polri agar hati-hati menggunakan media sosial.

Surat edaran itu demi menjaga etika dan citra institusinya Polri terhadap perkembangan teknologi media sosial. Ternyata surat edaran tersebut juga diterima oleh Polda Metro Jaya. Seperti dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono surat edaran bernomor SE/11/VI/2016 tanggal 30 Junin2016 sudah diterima jajaran Polda Metro Jaya untuk selanjutnya diberitahukan kepada anggota polisi di jajaran Polda Metro Jaya.

“Inti dalam surat edaran itu bahwa anggota Polisi dilarang sembarangan menggunakan media sosial. Semua itu untuk menjaga etika dan wibawa polisi dimata masyarakat. Salah satu contoh kegiatan pribadi yang tidak layak menjadi komsumsi publik tidak harus disebar,” tegas Awi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Disebutkan ada lima poin larangan yang harus ditaati anggota kepolisian dalam surat tersebut, diantaranya memunculkahan di media sosial.Bilamana diabaikan merupakan tindak pidana, pelanggaran disiplin dan kode etik. Adapun surat Edaran bernomor SE/11/VI/2016 tangga 30 Juni 2016 sebagai berikut:
1. Menggunggah dan menyebarkan foto atau video ke medsos yang berbau pornografi, dan perbuatan lainnya yang tidak sesuai dengan nilai kesusilaan atau kepatutan.

2. Membuat tulisan dan komentar atau perbuatan yang dapat menimbulkan rasa kebencian, permusuhan individu atau kelompok tertentu.

3. Membuat dan menyebarkan tulisan terkait pelaksanaan tugas kepolisian yang bersifat rahasia.

4. Menggunggah dan menyebarkan foto atau video terkait pelaksanaan tugas Polri yang bersifat rahasia.

5. menggunggah dan menyebarkan perilaku gaya hidup mewah dalam bentuk foto dan video:

You may be interested

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?
Aneka
shares6 views
Aneka
shares6 views

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?

admin - Jun 22, 2018

Keharaman riba telah disepakati oleh para ulama. Namun apakah bunga bank itu termasuk riba? Para ulama berbeda pandangan. MUI mengatakan:…

Aneka
shares13 views

Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir – Batin

admin - Jun 18, 2018

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang…

Aneka
shares13 views

Memahami Pesan Rahmah KH Yahya Cholil Staquf

admin - Jun 18, 2018

Sisi lain. Dari sudut pandang yg berbeda. Begitulah peranan Pak Kiai Yahya Cholil Staquf. Datang sbg pribadi, tapi mendadak sorot…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: