Menlu: 177 Calon Haji Indonesia yang Ditangkap di Filipina Korban Kejahatan

August 23, 2016
47 Views

JariBerita.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan bahwa 177 jamaah Haji asal Indonesia yang ditahan oleh pihak imigrasi di bandara Manila, Filipina karena penggunaan paspor palsu merupakan korban kejahatan yang terorganisir.

“Pertama yang perlu saya sampaikan adalah bahwa saudara-saudara kita ini adalah korban dari kejahatan yang teroganisir,” ujar Retno di Jakarta, Selasa (23/8/22016).

Retno juga menyatakan bahwa pihaknya telah menghubungi Kementerian Luar Negeri Filipina untuk memberi perhatian dan penanganan khusus untuk 177 calon Haji tersebut.

“Kemarin saya melakukan komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Filipina. Saya berbicara dengan under secretary untuk menyampaikan mengenai permintaan saya untuk memberikan perhatian khusus kepada kasus ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Retno juga menjelaskan bahwa informasi yang diperoleh dari pemerintah Filipina, penggunaan paspor Filipina oleh WNI dengan maksud memanfaatkan kuota haji di Filipina karena keterbatasan kuota di Indonesia merupakan peristiwa yang cukup sering terjadi.

“Oleh karena itu, penanganan tindakan melawan hukumnya tentu sudah ada yang menangangi, tetapi yang perlu kita utamakan saat ini adalah memberikan perlindungan maksimal kepada 177 WNI kita yang menjadi korban,” ujar dia.

Selanjutnya Menlu RI juga mengatakan bahwa Kemlu terus melakukan koordinasi erat dengan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agama, dan Kepolisian RI untuk mengupayakan pemulangan 177 WNI tersebut.

“Kami sudah beberapa hari ini melakukan verifikasi yang dilakukan oleh imigrasi di Manila yang didampingi oleh KBRI. Kementerian Luar Negeri kemarin sudah menurunkan tenaga tambahan untuk membantu saudara-saudara kita tersebut,” ungkap Retno.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: