KPK Desak Pemerintah Terapkan PTSP Elektonik

August 23, 2016
14 Views

JariBerita.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendesak pemerintah memproses dalam mempermudah pelayanan publik, khususnya bagi para pelaku usaha. Salah satu permintaan KPK tersebut untuk mencegah tingkat korupsi di Indonesia bisa berkurang.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata  kepada wartawan. Upaya tersebut berkaitan dengan dengan indeks proses pelayanan publik bagi pelaku usaha. Menurutnya proses pelayanan publik sulit, pengusaha akan melakukan kolusi agar proses penerbitan izin tersebut dipercepat.

“Korupsi erat sekali kaitannya dengan indeks kemudahan melakukan usaha. Saya setuju iklim investasi harus ditingkatkan jika ingin memiliki pemerintahan yang kuat,” ujar Alex, di Gedung Ombudsman, Jakarta Pusat.

Alex mengatakan, KPK melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk menggunakan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berbasis elektronik. Hal tersebut dimaksudkan agar pemerintah dapat lebih transparan.

“Ini masukan juga buat KPK supaya Kemendagri memaksa setiap daerah menerapkan PTSP berbasis elektronik. Selama ini juga banyak negosiasi eksekutif dan legislasi dengan anggaran-anggaran yang enggak jelas, siluman,” kata Alex.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: