Harga Rokok Naik, Masyarakat Beralih Hisap Rokok Linting

August 22, 2016
100 Views

JariBerita.com – Wacana kenaikan harga rokok yang menjadi Rp 50 ribu per bungkus dari pemerintah membuat warga menengah kebawah mencari solusi agar bisa tetap menghisap hasil tembakau ini.

Rencana kenaikan (harga rokok) yang hampir 3 kali lipat itu membuat warga miskin atau berpenghasilan rendah menggantinya dengan rokok linting untuk dikonsumsi.

Sebab, jika warga miskin tidak beralih ke rokok linting buatan tentu akan memberatkan ‘kantong’ mereka. Para penggemar rokok berpenghasilan diatas rata-rata sekalipun rasanya akan berpikir keras untuk membeli sebungkus rokok jika benar kelak harganya naik.

Lebih lanjut, Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus akan mengurangi konsumsi rokok produksi pabrikan secara signifikan.

Lembaga ini berencana melakukan survei khusus konsumsi rokok dan dampaknya ke angka kemiskinan jika harga komoditas hasil tembakau ini benar-benar naik tajam.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: