Cerita Ridwan Kamil Soal Peci

August 22, 2016
125 Views

JariBerita,com– Bukan Ridwan Kamil yang pandai berguyon dan blak-blakan disetiap kali kesempatan tampil sebagai pembicara. Walikota Bandung ini selalu menemukan guyonan dan istilihat yang membuat orang tertawa. Seperti guyononan yag dilakukan Ridwal Kamil ketika menjadi pembicara “Super Mentor 14 Foreign Policy Community Indonesia (FPCI) di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2016).

Sebelum berbicara mengisi materi Kang Emil biasa disapa menceritakan mengenai alasannya memakai peci. Dirinya tidak merasa percaya diri bilamana sudah mengenakan setelan jas, celana bahan tidak mengenakan peci hitam. Bagi Kang Emil bahwa peci bukanlah sebagai simbol agama tertentu, sehingga siapapun dapat mengenakan peci.

“Buat saya peci simbol kepribadian bangsa, jadi peci bukan simbol ulama, melainkan peci simbol lelaki nusantara,” papar Ridwan Kami.

Lantas Ridwan bercerita mengenai peci. Menurutnya pada zaman perjuangan dikenakan untuk membedakan orang Indonesia. “Pada zaman itu peci dapat membedakan yang pro dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga mana berkhianat,” tuturnya.

Seriring perjalanan pada akhirnya peci melekann dengan Islam, dikarenakan berfungsi untuk menutup rambut saat melakukan ibadah sholat. Lantas ia juga membedakan seseorang yang mengenakan peci. Menurutnya Kalau peci melewati alis ini, pejabat. Kalau pecinya naik sedikit baru ustaz, biasanya jidat ada hitam dikit,” katanya.

“Kalau pecinya miring ini tukang sate,” kata Ridwan.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: