‘Menteri ESDM Harus dari Kalangan Profesional’

August 20, 2016
10 Views

JariBerita.com – Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengusulkan, pemimpin Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral haruslah seorang yang profesional. Alasannya, Kementerian ESDM memiliki APBN kecil, namun nilai yang dikelolanya luar biasa khususnya untuk kemakmuran rakyat.

“Kalau orang partai sangat riskan misal Jero Wacik. Jadi, dia harus profesional, orang bebas, tak tergantung partai, tak tergantung banyak pihak, sehingga mudah memutuskan kebijakan,” kata dia dalam diskusi Geger Arcandra dan Nasib Sektor ESDM di Jakarta, Sabtu (20/8/2016).

Artinya, Komaidi menjelaskan, dia harus sosok pemimpin yang merdeka dalam pengambilan keputusan karena kementerian itu menyangkut kekayaan alam yang begitu besar. Ia mengusulkan, figur yang diperlukan untuk Kementerian ESDM mempunyai dua kritetia, yakni ahli dalam kepemimpinan dan integritas.

Komaidi meyakini, dari jutaan anak bangsa, pasti ada yang mempunyai aspek tersebut. Namun, ia mewanti-wanti, aspek-aspek yang dibutuhkan Menteri ESDM tidak boleh ditunggangi kepentingan.

“Kalau ada kepentingan, ya sulit mencari. Pemimpin ESDM semata-mata untuk memajukan sektor ESDM,” ujar Komaidi.

Ia mengingatkan, hampir semua negara mempunyai kepentingan dalam bidang ESDM. Cadangan migas di lingkungan Asia Pasifik, yakni 20 persen dari total yang ada di dunia. Tidak mengherankan jika Asia Pasifik mengimpor dari negara lain, seperti Timur Tengah, Eropa.

“Indonesia berada di dalam situasi lingkungan itu. Kalau kita punya SDA tak dikelola dengan baik, sementara banyak saingan, mau apa ke depan,” jelasnya.

You may be interested

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?
Aneka
shares6 views
Aneka
shares6 views

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?

admin - Jun 22, 2018

Keharaman riba telah disepakati oleh para ulama. Namun apakah bunga bank itu termasuk riba? Para ulama berbeda pandangan. MUI mengatakan:…

Aneka
shares13 views

Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir – Batin

admin - Jun 18, 2018

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang…

Aneka
shares13 views

Memahami Pesan Rahmah KH Yahya Cholil Staquf

admin - Jun 18, 2018

Sisi lain. Dari sudut pandang yg berbeda. Begitulah peranan Pak Kiai Yahya Cholil Staquf. Datang sbg pribadi, tapi mendadak sorot…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: