KPK Terus Dalami Peranan Badan Anggaran DPR Terkait Kasus I Putu Sudiartana

August 19, 2016
76 Views

JariBerita.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan korupsi pemberian suap pengurusan anggaran pembangunan jalan 12 ruas di Sumatera Barat dalam APBN Perubahan 2016. Beberapa pihak terkait telah dipanggil untuk dimintai keterangan kasus yang menyebakan mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai I Putu Sudiartana ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Jumat, (19/8) KPK memanggil beberapa pihak untuk dimintai keterangan, diantaranya anggota Komisi X yang juga anggota Badan Anggaran DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Rinto Subekti, Tenaga Ahli salah satu anggota Iqbal dan Sekjend DPR RI Winantuningtyas Titi serta Kepala Cabang Bank Mandiri Neny Tritana. Seperti dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan nama-nama tersebut dipanggil KPK untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

“Beberapa nama dipanggil diminta sebagai saksi, seperti Rinto Subekti diperiksa untuk tersangka IPS (I Putu Sudiarta) dan YA (Yogan Askan),” jelas Yuyuk kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat, (19/8).

Kata Yuyuk sebelumnya, KPK telah memanggil anggota Banggar yang juga anggota Komisi III DPR dari fraksi Partai Gerindra, Wihadi Wiyanto. Pemanggilan tersebut untuk mencari keterangan mengenai pertemuan terkait yang dilakukan Putu Sudiarta. Menurutnya dalam pemanggilan beberapa anggota Banggar atas keterangan dari Putu Sudiarta, yang menyebutkan peranan badan anggaran tersebut. Namun kata Yuyuk hingga saat ini belum dapat disimpulkan bagaimana pernan badan anggaran tersebut.

Sementara itu Sekjend DPR RI Winantuningtyas Titi Swasanani menyebutkan dalam pemeriksaanya sebagai saksi di KPK terkait dugaan suap penggiringan anggaran proyek 12 ruas jalan di Sumatera Barat agar masuk ke APBN-P 2016. “Saya ditanyakan seputar tugas I Putu terkait kasus yang ditangani KPK saat ini oleh penyidik. Pernyataanya, tugas sebagai anggota DPR, di Komisi berapa, bidangnya apa,” ujar Winantuningyyas kepada wartawan di Gedung KPK, Jumat (19/8).

Lanjut Winantuningtyas bahwa penyidikn juga mempertanyakan peran bandan anggaran. “Soal peranan badan anggaran ditanyakan jiuga, seperti siklus pembahasan APBN-nya aja,”katanya.

 

You may be interested

Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan Barat
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan Barat

admin - Jul 16, 2018

Simak wawancara dengan Beritatagar di Hotel Ciputra Grogol 2 Juni 2018 https://beritagar.id/artikel/figur/nadirsyah-hosen-kisah-santri-menaklukkan-barat Share on: WhatsAppPosting Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan…

Aneka
shares5 views

Nadirsyah Hosen melawan radikalisme di media sosial

admin - Jul 16, 2018

Nadirsyah Hosen satu-satunya orang Indonesia yang menjadi pengajar di Fakultas Hukum Monash University, Melbourne, Australia. Di media sosial, penyanang dua…

Aneka
shares8 views

NU itu Apa?

admin - Jul 14, 2018

Hari ini aku bertamu ke seorang Kiyai untuk Silaturrahim dan minta doa selamat dalam perjalananku menuju Jawa Timur malam ini,…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: