‘Megawati Punya Penciuman Politik Tajam’

August 18, 2016
65 Views

JariBerita.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dinilai memiliki insting politik yang tajam dalam pilkada DKI Jakarta sehingga siapapun calon yang akan dipilih sebagai calon gubernur merupakan keputusan yang terbaik.

“Jadi kalaupun nanti PDI Perjuangan akan mendukung Ahok (Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama) – Jarot (Wakil Gubernur DKI Jakarta) sebagai pasangan calon gubernur dengan wakil gubernur Jakarta mendatang, pasti partai telah memiliki kalkulasi strategis,”ujar pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia  (UI) Ari Junaedi, di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

“Demikian juga jika halnya PDI Perjuangan menyorongkan nama lain di luar Ahok – Jarot, tentu Megawati pasti punya penciuman politik yang tajam,” kata Ari Junaedi.

Namun Ari mengatakan bahwa Ahok baru merasa “nyaman” jika partai berlambang banteng moncong putih itu menyorong dirinya untuk maju di Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Harus diakui, kata Ari Junaedi, sebagai pemilik mayoritas suara di parlemen maka akses ke PDI Perjuangan menjadi penting dan signifikan.

Demikian pula halnya dengan partai politik, mendukung petahana yang  kuat secara elektabilitas dan popularitas akan memudahkan untuk meraih kemenangan di kontestasi pilkada.

Ari Junaedi melihat ada simbiosa mutualisma antara petahana dengan partai politik. Petahana membutuhkan “ruang” untuk kepastian kemenangan apalagi berasal dari partai yang jelas-jelas mempunyai kekuatan riil di lapangan.

Sementara partai politik, membutuhkan figur yang kokoh untuk menjalankan visi misi partai.

Bagi pengajar Program Pascasarjana UI ini, faktor petahana bagi partai politik menjadi sangat strategis karena ketokohannya telah tertanam di memori publik.  Apalagi jika petahana  yang didukung partai juga memiliki prestasi dan kerja nyata di masyarakat.

Di tingkat provinsi misalnya, memenangkan Saefullah Yusuf di  Jawa Timur jauh lebih mudah ketimbang calon lain.

Di tingkat kabupaten misalnya, mendukung Hanan Rozak dan Heri Wardoyo di pilkada Tulang Bawang, Lampung misalnya jauh lebih strategis bagi partai daripada mendukung calon lain yang kemenangan sangat diragukan.

You may be interested

Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan Barat
Aneka
shares10 views
Aneka
shares10 views

Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan Barat

admin - Jul 16, 2018

Simak wawancara dengan Beritatagar di Hotel Ciputra Grogol 2 Juni 2018 https://beritagar.id/artikel/figur/nadirsyah-hosen-kisah-santri-menaklukkan-barat Share on: WhatsAppPosting Nadirsyah Hosen, kisah santri menaklukkan…

Aneka
shares11 views

Nadirsyah Hosen melawan radikalisme di media sosial

admin - Jul 16, 2018

Nadirsyah Hosen satu-satunya orang Indonesia yang menjadi pengajar di Fakultas Hukum Monash University, Melbourne, Australia. Di media sosial, penyanang dua…

Aneka
shares13 views

NU itu Apa?

admin - Jul 14, 2018

Hari ini aku bertamu ke seorang Kiyai untuk Silaturrahim dan minta doa selamat dalam perjalananku menuju Jawa Timur malam ini,…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: