Terkait Arcandra, Dorongan Jokowi Harus Turun Mencuat

August 17, 2016
60 Views

JariBerita.com- Meski Arcandra Tahar telah diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari posisi jabatanya sebagai Menteri ESDM karena status warga Amerika Serikat, ternyata tidak menjadi permasalahan berhenti begitu saja. Justru saat ini beberapa kalangan kerap menyuarakan terhadap Presiden Jokowi untuk bertanggung jawab dalam proses pengangkatan Arcandra Tahar sebagai menteri.

Seperti yang dikatakan pengamat hukum tata negara Margarito Kamis bahwa pemberhentian Archandra dari posisinya sebagai Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi sebagai pelanggaran undang-undang. Dengan pemberhentiannya itu membuktikan bahwa Presiden telah mengakat menteri warga negara asing.

“Jadi Presiden melanggar sumpah jabatannya,dan terbukti melanggar UU dengan cara mengangkat orang asing menjadi menteri

Tegas Margarito  bahwa DPR memperbolehkan memproses pemakzulan terhadap Jokowi. Namun dirinya tidak yakin bahwa proses itu akan berjalan, dikarenakan melihat peta politik DPR yang mayoritas fraksi pendukung pemerintahan Jokowi. “Saat ini fraksi diluar pemerintah PKS dan Gerindra, tentunya dengan Sembilan fraksi dukungan pemerintah sangat kuat,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono. Menurut Ferry dengan pemberhentian Arcandra dapat diartikan bahwa Jokowi mengakui pernah mengangkat Menteri WNA. Sehingga Ferry menilai pengangkatannya Arcandra melanggar UU Kementerian Negara.

Dampak semua itu  kebijakan yang diambil Arcandra ketika j\menjadi menteri dianggap tidak sah. “Artinya juga produk hukum dari Archandra Tahar selama jadi Menteri dianggap sah seperti misalnya memperpanjang izin ekspor konsentrat  PT. Freeport. Seharusnya yang dilakukan Jokowi itu adalah Pembatalan SK pengangkatan Archandra Tahar sebagai menteri, sehingga harus dianggap tidak pernah ada menteri bernama Archandra Tahar dan semua produk hukum dari Archandra Tahar juga otomatis dianggap tidak pernah ada,” tegasnya.

 

 

 

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: