Usai Paripurna, Anggota DPD Kecewa Pidato Ketua MPR Zulkifli Hasan

August 16, 2016
15 Views

JariBerita.com – Ternyata dibalik kegiatan sidang tahunan yang secara serempak antar DPD,MPR dan DPR RI, dan dihadiri Presiden Jokowi dan lembaga tinggi negera di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8) memunculkan cerita yang mengejutkan.

Salah satunya kekecewaan yang dialami para anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI atas pidato Ketua MPR RI di sidang tahunan MPR RI yang dibacakan Zulkifli Hasan.

DPD menyayangkan pidato yang dibacakan Ketua Umum PAN tidak menyinggung keputusan MPR RI No.4 periode 2014 lalu,  salah satunya prihal MPR RI melakukan penguatan DPD RI.

Disisi lain dalam pidatoMPR hanya membahas mengenai haluan negara. DPD RI beranggapan tak ada haluan negara, tanpa penguatan DPD RI.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan (BPKK) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, John Pieris. Terlebih kata Jhon bahwa fraksi sudah mendukung usul amandemen.

“Politik itu konsensus, bukan menang menangan,  DPD adalah fraksi terbesar di MPR, kalo usulan penguatan DPD tidak dimunculkan maka DPD juga tidak akan mendukung upaya mengembalikan GBHN,” tegas John.

Pernyataan serupa juga disampaikan Wakil Ketua BPKK, Instiawaty Ayus. Instiawaty menilai MPR RI tidak konsisten dalam mengambil keputusan.

Berkaca pada putusan MPR RI periode lalu bahwa usulan penguatan DPD RI melalui amandemen telah masuk sebagai rekomendasi MPR RI. Sedangkan wacana menghidupkan GBHN baru diusulkan pada periode saat ini.

“Apa yang kami sampaikan ini bukan hal yang berlebihan, poin pertama dari rekomendasi MPR yang lalu adalah penguatan DPD dan baru akhir-akhir ini lahir usulan menghidupkan kembali GBHN, nah ini tidak konsisten karena MPR tidak menindaklanjuti putusan sesuai urutannya.

 

 

You may be interested

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?
Aneka
shares6 views
Aneka
shares6 views

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?

admin - Jun 22, 2018

Keharaman riba telah disepakati oleh para ulama. Namun apakah bunga bank itu termasuk riba? Para ulama berbeda pandangan. MUI mengatakan:…

Aneka
shares13 views

Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir – Batin

admin - Jun 18, 2018

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang…

Aneka
shares13 views

Memahami Pesan Rahmah KH Yahya Cholil Staquf

admin - Jun 18, 2018

Sisi lain. Dari sudut pandang yg berbeda. Begitulah peranan Pak Kiai Yahya Cholil Staquf. Datang sbg pribadi, tapi mendadak sorot…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: