Lengser Dari Kursi Menteri ESDM, Ini Curhatan Arcandra Tahar

August 16, 2016
75 Views

JariBerita.com- Setelah lengser dari kursi Menteri ESDM Arcandra Tahar terlihat tegar dan selalu tersenyum. Seperti terlihat di Masjid Al Azhar, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/8), Arcandra Tahar yang diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantaran memiliki status kewarganegaraan asing tampak ramah kepada para jamaah yang hadir.

Kehadiran Arcandra di masjid itu selain melaksanakan sholat dzuhur dan juga memberikan ceramah kepada jamaah yang hadir. Mengenakan baju batik lengan panjang menteri yang hanya menjabat hitungan hari itu menolak berbicara politik dan juga prihal pemberhentiannya sebagai Menteri ESDM.

Bagi Arcandra apa yang dijalankan kehidupannya saat ini adalah takdir Allah SWT. Dia menyadari bukan malaikat, sehingga tidak luput dari salah apa yang telah dilakukan. “Jadi kalau ada yang dianggap salah mohon dimaklumi,” kata Arcandra. Ia juga berharap keiklhasan apa yang telah terjadi saat ini. “Mohon ikhlaskan waktu bapak habis dikarenakan anak satu ini,” ujarnya.

Sesekali Arcandra menolak berbicara dan membahas politik. Bagi dirinya saat ini langkah yang baik untuk intropeksi diri. Ia juga menapik mencari sensasi, ketenaran. “Dari awal tidak ada niat mencari ketenaran dan kehebohan. Bagi saya dengan mengucap Subanallah Astagfirullah,” katanya.

Seperti kita ketahui Arcandra Tahar adalah Menteri ESDM yang dilantik Presiden Jokowi pada tanggal 27 Juli 2016 menggantikan Sudirman Said. Arcandra masuk di kabinet pemerintah Jokowi-JK pasca perombakan kabinet jilid 2. Pengangkatan Arcandra sebagai menteri ESDM lantaran dinilai Jokowi berpotensi. Arcandra merupakan ahli kilang lepas pantai atau offshore, lantaran dirinya terakhir kali menjabat sebagai Presiden Direktur Petroneering di Houston, sebuah perusahaan pengembangan teknologi dan enginering yang fokus dalam desain dan pengembangan kilang offshore yang lebih tahan lama, efektif dan aman.

Namun sayangnya setelah adanya dugaan Arcandra memilki status warga negara Amerika Serikat yang membuat dirinya haru lengser dan diberhentikan oleh Presiden Jokowi. Pemberhentian tersebut lantaran banyak desakan dan pro kontra mengenai posisi Arcandra sebagai Menteri ESDM yang memiliki status warga asing. Sehingga hanya hitungan hari sekitar 20 hari Arcandra menjabat Menteri ESDM. Dan hasil kerja selama menjadi menteri sudah ada kenijakan yang diambil yakni perpanjang kontrak PT. Freeport. (Sigit)

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: