KPK Kecewa Soal Wacana Pemerintah Akan Merevisi PP 99 Terkait Pemberiaan Remisi

August 10, 2016
45 Views

Jakarta- Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) kembali menaruh rasa kecewa terhadap pemerintah Jokowi-JK. Kekecewaan tersebut dilandasi rencana pemerintah yang tengah menggodok draf revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Apalagi rencana pemerintah itu tidak dikomunikasikan terlebih dahulu dengan KPK. “Belum ada komunikasi atau diminta tanggapan mengenai rencana itu dengan KPK,” tegas salah satu pimpinan KPK Laode M Syarif di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Menurut Laode bilamana wacana pembahasan itu dilakukan dianggapnya sebagai langkah mundur mengenai dalam komitmen pembrantasan korupsi. Revisi tersebut dinilainya memberikan kesempatan baru bagi terpidana koruptur. “karena ada poin mengenai justice collaborator (JC) yang dihilangkan. Pada pasal 32 draft revisi PP tersebut bagi narapidana terorisme, korupsi dan narkotikan akan diberi remisi apabilan memenuhi 2 syarat,diantaranya bagi narapidana berkelakuan baik dan juga menjalani sepertiga masa penahanan,” papar Laode.

Disisi lain bagi KPK syarat itu dianggap KPK akan mempermudah Dirjen Pemasyarakat memberikan remisi. Apalagi dirinya sering mendengar dan mendapatkan laporan adanya permainan uang, sehingga narapidana dengan mudah mendapatkan remisi.

“itu yang menjadi kekhwatiran KPK, apalagi dari laporan dari masyarakat soal mudahnya revisi di lapas. Jadi perubahan itu akan menimbulkan kesempatan baru bagi koruptor,” jelasnya.

 

You may be interested

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?
Aneka
shares6 views
Aneka
shares6 views

Benarkah Dosa Riba Lebih Berat dari Berzina?

admin - Jun 22, 2018

Keharaman riba telah disepakati oleh para ulama. Namun apakah bunga bank itu termasuk riba? Para ulama berbeda pandangan. MUI mengatakan:…

Aneka
shares13 views

Selamat Idul Fitri dan Mohon Maaf Lahir – Batin

admin - Jun 18, 2018

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang…

Aneka
shares13 views

Memahami Pesan Rahmah KH Yahya Cholil Staquf

admin - Jun 18, 2018

Sisi lain. Dari sudut pandang yg berbeda. Begitulah peranan Pak Kiai Yahya Cholil Staquf. Datang sbg pribadi, tapi mendadak sorot…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: