Menpar Arief Yahya Harapan Konsep MRA Di Konferensi Internasional

August 9, 2016
18 Views

Jakarta- Dalam kegiatan Konferensi Internasional di Jakarta Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya telah memperkenalkan konsep pengaturan sertifikasi standar pekerja negara anggota ASEAN “Mutual Recognition Arrangement” (MRA). Menurutnya konferensi tersebut diperuntukan sebagai implementasi rencana kerja MRA 2015-2016 terutama profesional di bidang pariwisata.

“Konferensi Internasional  sebagai bentuk dukungan Indonesia sebagai mitra Sekretariat ASEAN dalam penetapan ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professional (MRA-TP). Dan kita harapkan rencana MRA dapat berjalan secara efektif serta berkesinambungan,” tegas Menteri Arief Yahya di Jakarta pada keterangannya kepada wartawan, Selasa (9/8).

Selain itu menurut Arief, konferensi MRA-TP dianggap mempunyai nilai penting dalam upaya mempromosikan dan memperkenalkan sistem registrasi tenaga kerja bidang pariwisata “ASEAN Tourism Professional Registration System” (ATPRS) di tengah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Untuk itu harapannya pengenalan ATPRS dapat memicu rekrutmen tenaga kerja Indonesia maupun negara anggota ASEAN dari asosiasi hotel dan profesional pariwisata. “Kita harapkan juga dapat meningkatkan kapasitas kemandirian dari sekretariat regional,”katanya.

Menurut Arief ASEAN MRA  sebagai pengaturan antarnegara ASEAN yang dirancang untuk memfasilitasi pergerakan tenaga kerja yang berkualitas dan bersertifikat antar negara anggota ASEAN. MRA pada Profesional Pariwisata merupakan pendorong penting dalam meningkatkan standar pariwisata dan meningkatkan kualifikasi tenaga kerja pariwisata di kawasan ASEAN.”Dan saat ini ada 288.000 tenaga kerja Indonesia yang sudah tersertifikasi dalam level ASEAN,” jelasnya. (Arief)

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: