DPR Dorong Pemerintahan Ketahanan Pangan Bisa Berkembang

August 4, 2016
22 Views

Jakarta – Usai perombakan kabinet pemerintah Jokowi-JK baru-baru ini, kembali pimpinan Komisi IV meminta kepeda pemerintah untuk mengembangkan ketahanan nasional. Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua Komisi IV Fraksi Partai Demokrat E Herman Khaeron kepada wartawan di Jakarta.

Politisi asal Cirebon, Jawa Barat ini berharap ketahanan pangan nasional bisa berkembang dengan baik. Dengan begitu dapat mewujudkan kestabilan harga pangan di tanah air. “Secara ekonomi politik mewujudkan model diversifikasi pangan demokratis berbasis komunitas dan kelanjutan. Dan juga membutuhkan kebijakan berupa peraturan nasional dan daerah. Tentunya semua itu berkaitan dengan anngaran operasional, pelatihan, generasi pelaku agrisisnis, pangan, penampingan oleh SDM profesional,” tegas Herman yang baru-baru ini dapat gelar Doktor.

Disisi lain Herman juga meminta pemerintah Jokowi-JK segera mengambil kebijakan diversifikasi pangan secara spesifik terhadap komoditas sumber daya lokal. Bagi Herman cara tersebut guna mendukung ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan pangan nasional. “Dari hasil penelitian, kinerja diversifikasi pangan terkategori kuat atau baik apabila pola produksi, nilai konsumsi, dan pola distribusi optimal. Saat ini pola konsumsi masyarakat tergolong beragam, baik pangan sumber karbohidrat maupun protein sebesar 68,89%,” tegasnya.

Dirinya juga menyayangkan bahwa kebijakan pemerintah saat ini masih berputar. Bahkan lanjut  juga penataan pangan pada peningkatan produksi yang penerapannya secara parsial. “Pemerintah belum memiliki strategi diversifikasi pangan yang terintegrasi. Dan anggarab pun masih terfokus pada padi, jagung, dan kedelai,” kata Herman kembali.

“Apalagi konsumsi pangan masyarakat masih bergantung pada beras. Sedangkan konsumsi pangan alternatif, seperti pangan hewani, ikan, umbi-umbian, sayur dan buah-buahan belum bisa dimaksimalkan. “Jadinya perlu perubahan fundamental, berupa kebijakan spesifik berbasis sumber daya lokal,” katanya.

You may be interested

Aneka
shares3 views

Warisan

admin - May 24, 2018

Di Konya, Anatolia, Turki, 2013, usai ziarah di Maulana Rumi, dengan jalan kaki aku menyusuri jalan cahaya menuju Syamsi Tabrizi, Darwish…

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub
Aneka
shares4 views
Aneka
shares4 views

Ngaji Singkat Kitab Tanwirul Qulub

admin - May 21, 2018

1. Hari ke-3 puasa, sambil nyantai saya baca ulang kitab tanwirul qulub, dan saya mau sedikit share di sini. Bismillah…

Membantah narasi khilafah ala HTI
Aneka
shares7 views
Aneka
shares7 views

Membantah narasi khilafah ala HTI

admin - May 21, 2018

Membantah berbagai narasi khilafah ala HTI. Tulisan saya di Jawa Pos hari ini 12 Mei 2018 menyikapi putusan PTUN. Thought…

Silahkan komen..

%d bloggers like this: